KISI-KISI
SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
Mata Pelajaran :
IPA BIOLOGI
Tingkat : SMP Negeri / Mts negeri
Bentuk : Pilihan ganda
Jumlah soal :
Waktu :
Kelas / Semester :
VII / Ganjil
Tahun Pelajaran :
2011 –
2012
NO
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator soal
|
No
Soal dan kunci jawaban
|
|
5. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
|
Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotik dan a-biotik
|
Gejala alam biotik dan abiotik
|
· Disajikan beberapa pernyataan gejala alam kebendaan pada objek
biotic, peserta didik dapat menetukan salah satu gejala tersebut
· peserta didik dapat menentukan salah satu gejala alam kejadian
pada objek abiotik
|
21
22
|
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung
lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
|
Mikroskop
|
·
Peserta didik dapat menetukan
nama bagian mikroskop yang ditunjuk pada
gambar yang sajikan
·
Disajikan beberapa gambar
cara membawa mikroskop, peserta didik dapat menentukan gambar yang benar
|
23
24
|
||
Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
Keselamatan kerja
|
· Di sajikan gambar simbol keselamatan kerja, peserta didik dapat
menentukan symbol yang sesuai dengan gambar
· Peserta didik dapat menentukan alat laboratorium yang sesuai
dengan penggunaannya.
· peserta dapat menentukan bahan kimia yang berbahaya
· Disajikan wacana kasus
kecelakaan di dalam laboratorium, peserta didik dapat menentukan cara
melakukan pertolongan pertama yang tepat
|
25
26
27
28
|
||
|
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
|
Mengindentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
Ciri-ciri mahluk hidup
|
· Disajikan salah satu gambar ciri mahluk hidup, peserta didik dapat
salah satu cirri Mahluk hidup sesuai gambar
yang disajikan
· Peserta didik dapat menentukan perbedaan ciri-ciri tumbuhan dan
hewan
· Di sajikan pernyataan ciri-ciri hewan, peserta didik dapat
menentukan jenis hewan sesuai dengan ciri-ciri yang dimiliki
|
29
30
31
|
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
|
Klasifikasi mahluk hidup
|
· Peserta didik dapat menentukan bapak taksonomi
· Disajikan bagan reaksi fotosintesis, Peserta didik dapat
melengkapi bagan reaksi fotosintesis
dengan benar
· Peserta didik dapat menentukan penulisan nama ilmiah yang benar
· Peserta didik dapat menentukan urutan takson dari persamaan ciri
yang sedikit ke persamaan ciri yang terbanyak
· Disajikan beberapa gambar hewan, peserta didik dapat menentukan
hewan yang mempunyai kekerabatan paling dekat
· Disajikan gambar tumbuhan, Peserta didik dapat menentukan habitat
tumbuhan dengan benar
· Disajikan data beberapa nama tumbuhan, peserta didik dapat
menentukan kekerabatan yang paling dekat
· Peserta didik dapat, menentukan ciri-ciri yang dimiliki oleh
kingdom protista dengan tepat
· Disajikan nama-nama hewan, peserta didik dapat menyebutkan hewan
yang berdarah panas (Homoiterm)
|
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
Bengkulu, November 2012